Sore yang indah, ditemani segelas kopi tentu bisa lebih menyenangkan. Kopi secara tidak langsung merupakan minuman penambah energi karena mengandung kafein. Saya tahu kebanyakan dari Anda adalah kopi regoter :D. Entah itu kopi gula seduh air yang original, paduan kopi dengan susu, hingga tren kopi luwak yang berwarna putih. Olahan biji kopi bukan hanya minuman karena dapat dinikmati misalnya dalam kue atau permen. Karena jumlah penikmat kopi banyak sekali mulai dari anak kecil, dewasa, orang tua serta tak terbatasi masalah gender.

Ternyata bukan sekedar aroma serta rasa yang memanjakan lidah, kopi memiliki manfaat lebih dari itu & jauh dari mahal kita bisa pakai sisa kopi bisa berguna bagi kebersihan peralatan rumah tangga bahkan jika anda telaten jadikan saja sebagai pupuk tanaman dirumah. Berikut dibawah ini beberapa manfaat ampas kopi yang dapat digunakan seperti yang dilansir dari rumah123.com :

  • Membuat furniture lebih kinclong
  • Campuran ketika mencuci alat makan
  • Masker paduan ampas kopi & minyak zaitun
  • Membuat lemari es tidak bau
  • Pupuk organik
Demikianlah sedikit catatan mengenai kegunaan lain dari ampas kopi semoga Anda bisa memanfaatkannya. Perlu diingat ini bukan masalah terkait dengan pondok kopi Jakarta timur.