Biaya sewa kantor mahal ? tambah lagi kredit rumah belum selesai. Masalah lain Kemacetan lalu-lintas kota besar semakin menggila saja. Hal ini bikin banyak orang berikir untuk bekerja dari rumah.

Solusi masuk akal dengan menjalankan konsep SOHO, dimana konsep ini menggabungkan hunian dan kantor dalam satu tempat.

Berikut ini tips SOHO yang dapat kamu aplikasikan:

Ruangan yang Tepat

Langkah pertama, kamu harus menentukan ruang mana di rumahmu yang akan kamu jadikan kantor (Rukan). Jika ada beberapa ruang yang tersedia, kamu perlu memilih yang tepat. Letak kantor di rumah harus jauh dari hiruk pikuk lalu lintas, jauh dari ruang bermain anak-anak, dan jauh dari ruang tamu. Mudah diakses agar memudahkan klien yang datang.

Baca juga : Beranikan Desain Sendiri Ruangan Kantor Atau Rumah

Furnitur yang Tepat

Ada beragam pilihan furnitur untuk rukan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan kemudahan atur-mengaturnya jika ada aktivitas berbeda. Kamu dapat menggunakan furnitur multifungsi semisal bangku yang dapat dilipat menjadi sebuah meja. Atau sebuah sofabed untuk tempat duduk atau tiduran saat pekerja ingin rebahan.

Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan sangat penting di rukan. Kamu harus memilih apa yang terbaik agar sesuai dengan kondisi penglihatanmu maupun pekerja (kalau kamu punya pegawai).

Sebaiknya ada jendela besar sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam. Selain cahaya alami siang hari, kamu juga perlu memiliki satu atau dua lampu sebagai cahaya tambahan jika sedang dibutuhkan.

Pengaturan Barang yang Baik

Hal penting lain dari sebuah rukan yakni pengaturan barang. Agar terlihat bersih dan nyaman, barang-barang haruslah di tempat semestinya.

Pastikan kamu mengatur segala sesuatunya dengan baik, sehingga kamu selalu tahu di mana menemukan objek tertentu ketika kamu membutuhkannya. Cobalah untuk selalu meninggalkan rukan dalam kondisi bersih dan rapi untuk menghindari barang-barang atau peralatan yang menumpuk.

Baca juga : Bosan, Jenuh ? Buat Ruangan Kantor Lebih Menyenangkan Ketika Kerja

Sentuhan Dekorasi Pribadi

Meskipun itu rukan, kamu harus membuatnya terlihat bagus dengan menambahkan sentuhan-sentuhan kecil yang mengubah suasana hati. Sebagai contoh, kamu dapat meletakkan beberapa karya seni di dinding atau kamu bisa membingkai beberapa gambar dan menampilkannya di rak-rak rukan.

Kamu juga dapat menempatkan beberapa lilin di kantor untuk menciptakan suasana santai dan tenang. Jangan lupa, rukan harus terasa hangat dan nyaman.

source : rumah123.com