Sebelumnya saya selaku pemilik blog ini mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan yang masih mau berkunjung, karena telah memberikan kepercayaan untuk sedikit berbagi. Tulisan ini untuk saya belajar mengenai SEO On-page yang paling sederhana, mengapa tidak dari dulu mengenal ini karena sebetulnya harus sudah diterapkan pada saat awal pembuatan posting di blog, baru sadar bahwa onpage akan lebih mempermudah sang pelahap konten untuk merayapi setiap karakter yang ada dalam blog atau situs. Dan seperti kebanyakan webmaster pasti setuju faktor penentu dalam seo bukan hanya dari Off-page atau tautan luar tapi harus juga memiliki kekuatan didalam yaitu On-page.

Belajar SEO Onpage

Supaya memperjelas, saya akan coba dengan belajar dari point Kualitas konten, Desain dan performa :

Point pertama kualitas konten, disini yang menjadi faktor awal bagaimana isi posting tersebut merambat ke aspek lain, memang sedikit susah menyebut konten yang bermutu itu seperti apa tapi yang sederhana ialah bisa dicerna baik dan mudah. Sisi lain dari konten adalah terdapatnya informasi yang akurat kepercayaannya (Authorship) serta diinginkan oleh pengguna mesin pencari dimana ini dibutuhkan kemampuan seperti meneliti target apa yang ingin dicapai.
Beragam untaian kata dan kalimat yang tertata menjadi nilai tambah dan termasuk juga kata kunci di body, tapi terkadang menulis dengan tata bahasa yang baku juga membosankan, jadi silakan bereskpresi dengan dirimu sendiri. Jangan bertanya apakah konten berkualitas atau tidak karena ini langsung dirasakan oleh pengguna bukan penulis yang menentukan, sejauh mana respon pengguna atas konten yang tersaji dalam blog/situs. Penunjang lain dari kualitas konten adalah fresh dimana bisa benar-benar baru atau jika tidak baru cukup menambah informasi lain yang masih berkaitan dan ini bisa berdasarkan atas trend yang sedang berlangsung. Jika point pertama anda punya pertanyaan atau sanggahan silakan juga tidak perlu sungkan untuk disampaikan dan dengan senang hati akan coba untuk memberikan jawaban yang mengena.


Desain SEO Onpage
Gambar disamping hanya sekedar ilustrasi, dimana menjadi Point Kedua dalam Belajar SEO On-page (halaman) blog / situs kita adalah Desain, karena sangat jelas ini akan bisa mempengaruhi dalam perayapan mesin pencari. Selain itu kita selalu pemilik mempunyai hak kontrol secara langsung pada faktor penentu ini. Secara struktur elemen penting dari desain adalah Heading (H1, H2, H3 dan seterusnya) ini alangkah baiknya jika terdapat kata kunci dalam heading, mungkin platform blogger akan sedikit kesusahan dalam menentukan letak H1 jika dalam judul posting karena secara default biasanya H1 adalah judul blog. Apalagi hanya menggunakan template default seperti blog ini. Namun ini bukanlah keharusan, struktur yang baik bisa anda aplikasikan dengan mudah melalui platform seperti wp dan cms lainya karena memiliki plugin khusus untuk mengatur ini.
Selanjutnya ialah kata kunci dalam meta description, ini masih dianggap oleh google meskipun terkadang menemukan sebuah "meta description" yang tidak sesuai dengan konten didalamnya, jadi ingat pergunakan dengan baik dan tepat sesuai dengan isi posting atau halaman. Mesin pencari yang baik seperti google memang tidak mutlak memerlukan meta description karena bisa langsung memberikan potongan kalimat yang berada dalam situs/blog.
Faktor yang masih berkaitan dengan desain On-page adalah kata kunci dalam url, pemilihan url yang tepat akan mempermudah mesin dan juga pengguna karena akan terlihat langsung dari hasil penelusuran hingga ke browser pengguna. Pergunakan url yang tidak panjang, cukup pendek saja namun mengena langsung kepada kata kunci. Dalam faktanya terkadang domain dan subdomain sudah memberikan url berdasar kata kunci bahkan tidak sedikit ditambah dengan tag serta category yang masih mengandung kata kunci. Jangan berlebihan menggunakannya karena tetap saja harus relevan dengan isi atau konten.
Bumbu lain dari desain on-page adalah kata kunci dalam gambar, nah ada baiknya untuk menambah kita pergunakan img alt dan tittlenya. Dalam blogger ini sudah tersedia, cukup mengklik gambar kemudian klik properties lalu isilah dengan tittle dan alt text yang relevan dengan target kata kunci. Jika tidak memakai ini maka perayap tidak akan tahu image/gambar apa yang ada dalam konten. Tambahan lain dalam desain on-page adalah tautan dengan kata kunci yang relevan kepada halaman dalam blog/situs yang kita miliki atau mungkin kepada category jika itu masih berkaitan sehingga pengguna bisa mengikuti tautan apa yang diberikan dan memilih posting atau halaman lain untuk dibaca. Jangan lewatkan untuk menambahkan tulisan terpaut kata kunci dengan huruf cetak tebal (bold), kata kunci dengan huruf cetak miring (italic) dan kata kunci dengan huruf cetak garis bawah (underline) karena selain memperindah tulisan ini bisa diartikan juga penting untuk dilihat dan diingat.
Semoga catatan Belajar SEO On-page sederhana ini bermanfaat bagi anda semua, namun ini hanya sebagian kecil saja dari apa yang diperoleh dari beberapa sumber terkait dan tidak lupa ucapkan terima kasih kepada seluruh pengunjung blog ini.

Posting Komentar